10 Fakta Iron Man Mulai dari Marvel Cinematic Universe Sampai Dunia Komik!

Siapa di sini yang suka dengan Iron Man? Jika kamu suka sesuatu yang bertemakan mesin atau sejenisnya, Iron Man sangat mungkin masuk di dalam daftar sesuatu yang kamu sukai, dan untuk mengisi rasa hausmu, kami akan membuat daftar 10 fakta Iron Man yang menarik untuk diketahui.

Sebelum kita mulai, mari kita bahas sedikit sesuatu yang umum. Iron Man adalah nama pahlawan super dari seseorang yang jenius, billionaire, playboy, dan filantropis, yaitu Tony Stark. Dia terkenal dengan kostum besi yang ia rancang sendiri, dan dia juga salah satu tokoh yang membentuk Avengers.

Nah, kalau yang itu sih pasti hampir kamu semua tahu, namun apa saja fakta dari Iron Man yang mau kita bahas di sini? Simak daftarnya di bawah ini!

Aktor Sebelum Robert Downey Jr

sumber: dokumentasi duniaku.net

Pernah membayangkan di Marvel Cinematic Universe, bahwa yang menjadi Tony Stark bukanlah Robert Downey Jr?

Penulis sendiri jujur saja tidak bisa, karena Robert Downey Jr benar-benar melebur dengan tokoh Tony Stark. Nah ternyata, sebelum Robert Downey Jr, tentu saja ada nama-nama lain yang direncanakan memerankan Tony Stark di Marvel Cinematic Universe.

Mulai dari Tom Cruise, sampai Nicolas Cage (yang memang penggemar komik) ini hampir menjadi Tony Stark! Meskipun begitu, Kevin Feige mempercayai Robert Downey Jr sebagai sang jenius, billionaire, playboy, dan filantropis ini. Hasilnya bisa kita lihat sendiri, kan?

sumber: dokumentasi duniaku.net

Biasanya film yang berasal dari komik itu dipengaruhi besar oleh komiknya, namun fakta Iron Man mengatakan bahwa ada yang unik di serial ini.

Film Iron Man yang berada di Marvel Cinematic Universe ternyata cukup mempengaruhi perubahan di komiknya!

Bisa kamu lihat dari tokoh Tony Stark sendiri, semakin ke sini, penampilan Tony Stark di komik semakin menyerupai Robert Downey Jr.

Contoh lainnya adalah armor miliknya, salah satunya Hulkbuster. Di komik versi lama, Hulkbuster memiliki penampilan yang berbeda dengan yang ada di film Avengers: Age of Ultron, namun setelah film ini tayang, Hulkbuster di komik juga berbentuk seperti di film, contohnya di komik Avengers: Rage of Ultron.

sumber: dokumentasi duniaku.net

Dalam penciptaannya, ternyata Tony Stark diadaptasi dari tokoh nyata yang pernah ada, siapa dia? Dia adalah Howard Hughes.

Bagaimana cara untuk menggambarkan Howard Hughes? Tidak perlu ditanya, Howard Hughes adalah contoh nyata dari jenius, billionaire, playboy dan filantropis!

Dia juga salah satu orang terkaya di dunia, lho!


CONTINUE READING BELOW


sumber: dokumentasi duniaku.net

Kamu mungkin berpikir, kenapa Tony Stark menggunakan sesuatu di dadanya? Benda itu ternyata adalah elektromagnetik yang membuatnya tetap hidup!

Bagaimana cara kerjanya? Di bagian dada Tony Stark, ada serpihan peluru meriam atau Shrapnel. Posisinya berada di bagian krusial, yaitu di dekat jantungnya.

Jika diambil, dia bisa mati, jika didiamkan, serpihan ini akan masuk lebih dalam kebagian jantungnya, dan dia juga akan mati, karena itu sesuatu di dadanya bertugas sebagai “penahan”, dan harus diganti setiap hari.

kostum iron man dicuri

sumber: YITMG

Apa itu MIT? MIT adalah singkatan dari Massachusetts Institute of Technology, dan ini bukanlah universitas fiksi ya, karena di Amerika Serikat ada universitas MIT.

Uniknya, Tony Stark lulus dari MIT pada umur 21 tahun, dengan berbagai macam gelar sarjana!

Jadi fakta Iron Man itu tidak hanya menunjukan bahwa ia kaya, melainkan ia juga jenius, dan dibuktikan di komik dan filmnya.

Rencananya Berlawanan dengan Mandarin

sumber: dokumentasi duniaku.net

The Mandarin bisa dibilang adalah musuh utama dari Iron Man, seperti Batman yang memiliki Joker, atau Superman dengan Lex Luthor.

Di Marvel Cinematic Universe, fakta Iron Man juga mengatakan bahwa The Mandarin seharusnya dibuat sebagai musuh utamanya!

Jon Favreau selaku Sutradara sebelumnya pernah mengatakan tentang musuh dari Iron Man ini, namun ketika filmnya tayang, musuhnya justru Obadiah Stane alias Iron Monger. The Mandarin memang “muncul” di film ketiga, sayangnya palsu, sehingga penggemar semakin kecewa. Untungnya di All Hail The King diberikan petunjuk bahwa ada The Mandarin asli.

Dengan Iron Man, Marvel Sempat Ragu

sumber: dokumentasi duniaku.net

Harus diakui, fakta Iron Man memang bukan tokoh yang sangat-sangat terkenal di komik, meskipun penggemarnya juga banyak. Maksudnya di sini seandainya pebandingnya adalah Fantastic Four, X-Men, atau Spider-Man.

Meskipun begitu, Marvel Cinematic Universe dibuka dengan film Iron Man, ditambah akan direncanakan sebagai shared universe, di mana film ini berhubungan dengan film MCU lain.

Marvel sempat ragu dengan rencana ini, ditambah saat itu shared universe belum terkenal (yang membuatnya terkenal ya MCU itu sendiri). Meskipun ragu, namun lihat hasilnya sekarang.


CONTINUE READING BELOW


Civil War

sumber: dokumentasi duniaku.net

Ingat adegan itu di film? Ternyata Robert Downey Jr melakukan improvisasi dengan adegan tersebut, lho!

RDJ memang terkenal karena sering melakukan improvisasi dialog ketika menjadi Tony Stark, namun adegan “I Am Iron Man” menjadi salah satu yang mengejutkan dan menjadi twist di film.

Di komiknya sendiri, Tony Stark mengarang cerita bahwa Iron Man bukan dirinya, melainkan pengawalnya yang akan menemaninya kemanapun.

Mungkin di film pertamanya, harusnya mengikuti komiknya, namun RDJ melakukan improvisasi dan diakui oleh Kevin Feige, seperti Tony Stark di komik pada beberapa volume sejak awal kemunculan Iron Man.

sumber: dokumentasi duniaku.net

Fakta Iron Man mengatakan bahwa Tony Stark adalah seorang yang Ateis, di mana dia tidak mempercayai akan kehadiran Tuhan, maupun Dewa-Dewa.

Tentu saja ini fakta yang unik, dan sering dijadikan meme oleh para penggemar, kenapa bisa?

Tony Stark di komik dan bahkan di film sudah pernah melihat berbagai macam Dewa dari berbagai macam kisah, namun tetap saja, meskipun sudah melihatnya langsung, dia tetap menjadi seorang Ateis.

Sebenarnya, belakangan ini Tony Stark sudah mulai mengakui bahwa Dewa-Dewa dan mungkin Tuhan itu memang benar-benar ada (di versi komik), namun meskipun sudah mengakuinya, dia tetap tidak mempercayai Dewa-Dewa.

sumber: dokumentasi duniaku.net

Siapa yang pernah menyangka bahwa Tony Stark ternyata memiliki masalah depresi yang teramat sangat berat!

Dia mengalami MDD atau Major Depressive Disorder, dan salah satu pemicunya adalah perbuatan salah yang pernah ia buat, seperti tidak sengaja membunuh penduduk, kejadian di Civil War (akibatnya Captain America mati, lalu bibi May sekarat, membuat Peter alias Spider-Man jatuh ke lubang hidup terdalam, dampaknya Tony juga yang depresi).

Terkadang Tony lari dari masalahnya ini ke alkohol, dan menjadikan depresinya justru semakin parah, bahkan ada komik berjudul Demon in a Bottle yang mengisahkan Tony, melawan alkohol dan rasa depresi yang ia alami.

Fakta Iron Man sendiri menunjukan bahwa di Marvel Cinematic Universe, depresi ini juga ada, namun berbeda, lebih ke trauma atau PTSD setelah kejadian di Avengers pertama, dan di film Iron Man 3, ditunjukan bagaimana depresinya Tony, bahkan dia bisa sesak napas jika ingat kejadian tersebut.


Itulah 10 fakta Iron Man mulai dari Marvel Cinematic Universe sampai versi komik. Bagaimana menurutmu? Kamu suka Iron Man? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.




from WordPress https://ift.tt/2CDe3Y3