10 Hantu Asia Ini Terkenal Lewat Film Horor!

Tidak hanya hantu ataupun fenomena supranatural barat saja yang mendunia. Makhluk-makhluk menyeramkan dari timur alias hantu Asia, khususnya Jepang, Korea, hingga Indonesia juga mendominasi kancah perfilman kelas dunia!

Maka dari itu, hantu apa sajakah yang terekspos di dalam media-media populer dan jadi nge-hits di mana-mana ini? Simak daftarnya di bawah ini!

Kuntilanak adalah hantu yang paling terkenal dari Indonesia. Sesekali dari Malaysia. Wujudnya yang berupa seorang wanita bergaun putih berambut panjang dan berwajah menyeramkan ini memiliki daya tarik yang lebih global daripada sekadar hantu lokal!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Wanita yang satu ini bisa menjadi mimpi burukmu sekalinya kamu bertemu dengannya! Kuchisake Onna tidak memberi ampun kepada siapapun yang menjawab pertanyaannya, baik jawaban ‘kamu cantik’ maupun ‘tidak’! Hantu Asia yang satu ini bahkan punya filmnya sendiri saking populernya dalam legenda urban Jepang!

Tentu saja, Kuchisake Onna punya penangkal. Dua di antaranya adalah cara membingungkannya dengan jawaban yang ambigu sehingga kita mudah kabur, atau menangkalnya dengan aroma Pomade. Kuchisake Onna benci Pomade

Sumber: Dokumentasi duniaku.netKita asing dengan istilah Onryo, tapi tentunya kita tahu setan seperti apa Sadako dari film The Ring! Hantu jepang yang ini kerap merupakan para perempuan muda yang memiliki dendam belum terbalaskan di masa hidupnya. Tentunya, premis seperti ini membuatmu tidak asing dengan seorang setan Indonesia, bukan?

Meski sering diatribusikan dengan kata ‘vampir’, tapi tidak ada istilah yang lebih tepat untuk menggambarkan karakteristik Jiangshi dengan sebutan zombi. Jiangshi pun juga memiliki rasa haus akan darah seperti seorang vampir, tapi kesadarannya yang begiu terbatas membuatnya lbeih mirip zombi!

Salah satu metode untuk menangkal pergi hantu Asia yang ini ialah dengan menahan napas sejenak hingga jiangshi tersebut pergi, atau dengan langsung mematok jantungnya seperti lumrahnya para pemburu vampir terhadap korban-korbannya!

Berbagai macam iblis tentunya sudah digambarkan dengan sebutan Oni, tapi umumnya faktor yang menyatukan macam-macam Oni adalah kepala botaknya atau tanduknya. Dan tentunya perawakan mereka yang besar jauh lebih menyeramkan ketika melihatnya secara langsung!

Oni juga terkenal tidak hanya dalam film horor semata. Seri aksi maupun genre lain yang melibatkan tentang mitologi Youkai Jepang rawan menggunakan makhluk ini karena mitos di belakangnya sungguh ikonik!

Sumber: wikipedia.org

Nekomata sepintas tidak terlihat menyeramkan karena ia adalah setan kucing. Tapi beberapa penampakan justru berkata sebaliknya. Buktinya? Tora dari Ushio and Tora adalah seekor Nekomata, tapi memiliki perawakan yang luar biasa mengerikan bagi orang lain!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Kagutaba adalah setan karangan, tapi gaya dokumenter Noroi: The Curse mebuat fenomena ini begitu meyakinkan sampai wajar saja kalau dipercaya ada sungguhan, seperti Slenderman. Kagutaba adalah dewa penderitaan yang dipuja oleh sebuah sekte misterius dan wujud aslinya terlalu mengerikan untuk dilihat langsung!

Sumber: japanitalybridge.com

 

Gumiho adalah siluman rubah yang sepintas mirip seperti arwah rubah Jepang, Kitsune. Tapi mitosnya tentu lebih sadis, karena Gumiho mampu menyamar dalam wujud wanita untuk menggoda para lelaki dan kemudian memakan hati mereka yang lengah dengan godaannya!

Meskipun demikian, saudara Jepangnya yakni Kitsune justru merupakan seorang dewa berwujud rubah alih-alih siluman. Di dalam kepercayaan Shinto, jumlah ekor Kitsune melambangkan kepintaran dan wawasan mereka di dunia manusia!

Sumber: daftarhantu.web.id

Kuyang adalah setan dengan berbagai nama di dunia. Ada palasik, ada juga leak. Tidak hanya itu, mereka pun juga memiliki kesamaan yang sangat jelas, lho! Tentu saja, kesamaan tersebut adalah korban mereka yakni ibu-ibu hamil!

Di Malaysia, ia juga memiliki nama Penanggalan. Uniknya, hantu Asia yang satu ini justru statusnya masih hidup karena ia adalah hasil dari transformasi ilmu hitam oleh penggunanya untuk mendapatkan keinginan terdalam mereka!


CONTINUE READING BELOW


Sumber:seoulsync.com

Mul Gwishin adalah setan air dari Korea. Memang, karakteristiknya adalah sungai dan danau, tapi tahukah kamu kalau ia juga bisa tinggal di dalam bak mandimu? Tidak hanya itu, Mul Gwishin juga bertangan panjang sehingga mampu menjangkau korban-korbannya dari sisi yang tidak terduga!

Hantu Asia populer apa lagi yang kamu tahu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!




from WordPress https://ift.tt/2yqWBSY