Mezu, Makhluk Mengerikan Berkepala Kuda Penjaga Gerbang Neraka

Mezu, Makhluk Mengerikan Berkepala Kuda Penjaga Gerbang Neraka

Meski dikenal maju dalam bidang teknologi, Jepang ternyata merupakan negara yang banyak di hantui oleh roh-roh penuh dendam, berbagai macam hantu, dari yang cantik hingga menyeramkan dengan perilaku yang berbeda-beda telah menjadi cerita legenda di negara maju ini sejak bertahun – tahun lamanya. Bukan hanya itu, sebagian masyarakat juga percaya dengan adanya sosok Mezu ata Mezuki (setan berkpala kepala kuda), yang muncul di Meido dan Jigoku

Dalam ajaran Buddhisme di negara ini, Gozu dan Mezu dipercayai sebagai jenderal – jenderal yang menjaga pintu gerbang neraka. Mereka muncul sebagai oni mengerikan dengan bentuk kepala hewan, kepala lembu untuk Gozu, serta kepala kuda untuk Mezu, dan keduanya juga dikenal sangat kuat hingga konon dapat memindahkan gunung-gunung.

Mezu adalah pelayan dari Raja Enma, sang penguasa neraka, dan termasuk di antara salah satu para penyiksa orang-orang jahat. Sama seperti Gozu, masyarakat setempat percaya jika Mezu adalah makhluk pertama yang akan ditemui ketika memasuki neraka, saat seseorang berhasil melarikan diri dari neraka, maka Gozu dan Meezu dikirim untuk membawa mereka kembali.

Meskipun kedua makhluk tersebut merupakan sosok yang paling terkenal dan paling sering digambarkan dalam berbagai cerita dan seni, mereka bukanlah satu-satunya setan berkepala binatang pengikut dari Raja Enma. Makhluk – makhluk lain berkepala rusa, harimau, singa, dan setan berkepala babi juga dikatakan melayani sang raja dan jadi penjaga neraka, mereka nebgendalikan ruang penyiksaan besar Jigoku dan mengawasi siksaan jiwa yang tak terhitung jumlahnya.

Baik Gozu, maupun Mezu, dan iblis berkepala binatang lainnya sendiri konon berasal dari mitologi India, yang masuk ke Jepang bersamaan dengan ajaran Buddhisme melalui China.

The post Mezu, Makhluk Mengerikan Berkepala Kuda Penjaga Gerbang Neraka appeared first on Japanese Station.



from WordPress https://ift.tt/2NOZ1j4